-->
Selamat Datang. Terima Kasih Sudah Berkunjung

IMPLIKASI KOMPUTER DI BIDANG TEKNIK DAN ILMU PENGETAHUAN


Berikut adalah implikasi komputer di bidang teknik dan ilmu pengetahuan:
1.      Komputer sangat bermanfaat untuk perhitungan-perhitungan yang sulit dan membutuhkan presisi tinggi yang tidak mungkin dilakukan oleh manusia. Ini biasanya digunakan untuk keperluan untuk penelitian dan riset.
Kecepatan dan ketepatan komputer sangat bermanfaat dalam pengolahan data pada aplikasi teknik. Komputer dapat menyelesaikan perhitungan-perhitungan yang sulit dan rumit dalam waktu yang cepat. Perhitungan-perhitungan yang harus dilakukan secara trial and error (coba dan salah), yang biasanya sangat lama, sulit dan membosankan, sekarang telah dapat dialihkan tugasnya kepada komputer. Penelitian dan riset pengembangan yang berbahaya bila dilakukan oleh manusia dan yang membutuhkan biaya yang besar,sekarang dapat dilakukan secara simulasi pada komputer.
2.      Para ahli nuklir dapat membuat model reaktor nuklir pada layar komputer, tidak perlu membuat model yang sebenarnya. Kondisi-kondisi yang diperlukan pada reaktor nuklir dapat diprogramkan, dan dapat dicoba diberikan adta yang melampaui batas keamanan reaktor tersebut untuk melihat apa yang terjadi.
3.      Komputer juga bisa digunakan untuk bidang ilmu pengetahuan alam, misalnya mempelajari keadaan struktur tanah, keadaan angin, cuaca, dan sebagainya.
4.      Dalam bidang bioteknologi, peralatan-peralatan kultur telah banyak yang dilengkapi dengan kontrol komputer untuk mengusahakan ketelitian kerja pada ruang steril.
5.      Pada bidang teknik sipil komputer digunakan untuk menghitung presisi dan kekuatan konstruksi bangunan.
6.      Bidang arsitektur computer digunakan untuk mensimulasi gambar-gambar ruang secara tiga dimensi.
7.      Komputer dapat juga digunakan untuk membuat model molekul-molekul, yang dapat ditampilkan secara grafik pada layar komputer. Melalui grafik ini, ahli kimia dapat mengamati bagaimana molekul-molekul tersebut beraksi bila dipengaruhi oleh lingkungan luarnya. Manipulasi dari molekul-molekul secara grafik dengan menggunakan komputer akan menghemat waktu dan biaya.
8.      Komputer juga dipergunakan pada bidang geologi untuk mempelajari keadaan tanah serta contour dari suatu daerah.
9.      Aplikasi dari Computer Aided Design (CAD), yaitu perancangan yang memakai bantuan komputer, sekarang mulai banyak digunakan untuk merancang bentuk-bentuk dalam bidang teknik, seperti misalnya perancangan bentuk mobil yang paling efisien dan efektif atau perancangan gedung atau susunan tata ruang dalam bidang arsitektur.
10.  Perjalanan ke ruang angkasa pasti akan menjadi impian sampai sekarang bila komputer tidak lahir di dunia. Untuk saat peluncuran saja, ribuan pekerjaan yang mendetail sudah harus dilakukan dan diawasi. Walaupun sudah ada sejumlah tenaga ahli yang cukup banyak, tanpa adanya bantuan komputer untuk mengontrol semuanya, pekerjaan tersebut hampir tidak mungkin dilakukan. Misalnya membuka katup-katup tertentu, mengaktifkan fungsi-fungsi tertentu dan memonitor segala kegiatan dari pesawat ruang angkasa yang akan dan sudah meluncur, merupakan tugas yang dilakukan oleh sistem komputer baik yang ada di stasiun bimu maupun yang ada di dalam pesawat tersebut.
11.  Untuk melakukan pengelohan data penelitian khususnya analisa data statistik aplikasi komputer pengolahan data sangat memudahkan para peneliti atau pengguna.
Sumber :

Risal Mantofani Arpin
Saya orangnya pemalu. Tapi asyik kok.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter