Pages

Selamat Datang,,,,Mari Berbagi Informasi

Jumat, 03 Mei 2013

Jenis-jenis Media Pembelajaran

Media yang digunakan dalam pembelajaran sangatlah beragam. Seorang guru harus dapat memilih salah satu media yang akan digunakan. Berikut ini adalah beberapa dari sekian banyak jenis media pembelajaran yang dapat digunakan oleh seorang guru dalam menyampaikan materi ajarnya :
Menurut (Djamarah, 2002:140) menggolongkan media pembelajaran menjadi tiga yaitu:
1)    Media auditif yaitu media yang mengandalkan kemampuan suara saja, seperti radio,  kaset rekorder.
2)    Media visual adalah media yang hanya mengandalkan indera penglihatan karena hanya menampilkan gambar diam seperti film bingkai, foto, gambar, atau lukisan.
3)    Media audiovisual adalah media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar. Jenis media ini mempunyai kemampuan yang lebih baik.

Selanjutnya (Sadiman, 2008:28) membagi media pembelajaran menjadi 3 golongan kelompok besar :
1)    Media Grafis termasuk media visual seperti gambar/foto, sketsa, diagram, bagan/chart, grafik, kartun, poster, peta, dan globe.
2)    Media Audio berkaitan dengan indera pendengaran. Seperti radio, alat perekam piata magnetik, piringan laboratorium bahasa
3)    Media Proyeksi Diam seperti film bingkai (slide), film rangkai (film strip), media transparan, film, televisi,  video.

Dari beberapa pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa jenis-jenis media pembelajaran adalah sebagai berikut :
1) Media audio adalah media yang isi pesannya atau materinya hanya dapat diterima oleh indera pendengaran (telinga). Media audio dapat menyampaikan pesan verbal (bahasa lisan) maupun non-verbal (bunyi-bunyian)
2) Media visual adalah media yang isi pesannya atau materinya hanya dapat diterima oleh indera penglihatan (mata). Media visual menampilan materialnya dengan menggunakan alat proyeksi atau proyektor.
3) Media audio-visual adalah media yang isi pesannya atau materinya dapat diterima oleh indera pendengaran maupun indera penglihatan. Media ini biasa disebut juga sebagai media video. Video merupakan media yang digunakan untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Adanya unsur audio memungkinkan siswa untuk dapat menerima pesan pembelajaran melalui pendengaran, sedangkan unsur visual memungkinkan penciptakan pesan belajar melalui bentuk visualisasi.

0 komentar:

Poskan Komentar